Cara Berinvestasi Saham Di BEI/Bursa Efek

Cara Berinvestasi Saham Di Bursa Efek Indonesia – Anda ingin menjual saham? Atau membeli saham? Sebaiknya anda ketahui dulu apa itu bursa efek Indonesia. BEI atau Bursa Efek Indonesia adalah sebuah pasar yang sudah mempunyai nama yang malang melintang terkenal dan juga sudah terorganisasi dimana didalamnya sudah berkumpul para penjual dan pembeli Investasi saham yang akan melakukan negosiasi, dengan berbagai aturan yang sudah disepakati sebelumnya karena kesepakatan adalah hal penting dalam bertransaksi atara penjual dan pembeli untuk pemula sendiri disarankan agar memilih saham yang baik dan yang benar juga tentunya.
Cara Berinvestasi Saham Di BEI/Bursa Efek

Bagaimana cara berinvestasi saham di bei? Sebelum membahas caranya mungkin kita bisa mengambil sebagian contoh yang sudah ada saja yah agar lebih mudah dipahami dan dicermati oleh para pengusaha seperti anda ini.

Contoh :
Bursa Efek ibaratnya seperti PD Pasar Jaya yaitu selaku pengelola pasar dimana kios-kiosnya disewakan kepada pedagang. Pedagang disini adalah broker atau perusahaan efek. Sementara pembelinya disebut investor atau pemodal.
Jadi pembeli tidak berhubungan dengan PD Pasar Jaya, melainkan berhubungan langsung dengan pedagang. Yang behubungan langsung dengan PD Pasar Jaya adalah para pedagang yang menempati kios tersebut.

Pada dasar intinya, jika anda berkeinginan melakukan transaksi jual beli saham maka anda harus berhubungan secara langsung dengan perusahaan sekuritas atau bisa disebut broker yaitu perusahaan pialang yang sudah menjadi anggota bursa. Memang dalam berbisni saham tidak mudah apalagi harus berinvestasi saham online dengan modal kecil itu akan memerlukan tenaga dan fikiran anda untuk mencapai target usaha anda, bagi pemula memang harus jeli dan berhati-hati.

Mungkin anda mulai berfikir berapa sih dana yang harus dikeluarkan untuk berinvestasi untuk saham yang akan kita kelola?. Nah ini adalahpertanyaan yang sering sekali muncul dalam benak fikiran pebisnis seperti anda tentunya karena dimanapun pebisnis itu memerlukan dana untuk memulai bisnisnya, berikut rincianya. Baca juga Investasi Saham Online Terpercaya

Dana minimum berinvestasi saham
Pada dasarnya sebuah investasi membebaskan kita untuk mengeluarkan dana berapapun yang kita mampu jadi disini todak ada batasan  minimal dana investasi jadi akan menenangkan sedikit fikiran anda. Namun perlu anda ketahui jumlah yang diperjualbelikan adalah dalam satuan perdagangan yang di sebut lot.
Ada beberapa rincian lagi dalam1 lot nya di bursa efek Indonesia adalah 100 saham itulah batasan minimal saham yang harus anda peroleh. Lalu dana yang dibutuhkan untuk bisnis saham menjadi bervariasi karena beragamnya harga saham-saham yang tercatat di Bursa. Misalnya harga saham PT. ABC Rp. 1.000, maka dana minimal yang dibutuhkan untuk membeli satu lot saham tersebut menjadi (100 dikali Rp. 1.000) sejumlah Rp. 100.000. Sebagai ilustrasi lain, Jika saham XYZ harga per sahamnya Rp. 2.500 maka dan minimal untuk membeli saham tersebut berarti (100 dikali Rp. 2.500) sebesar Rp. 250.000.

Biaya jual beli Untuk saham
Komponen dari biaya pembelian saham adalah sebagai berikut :
Nilai pembelian saham + komisi pialang saham + PPN 10%
Komponen dari biaya penjualan saham adalah sebagai berikut :
Nilai penjualan saham + komisi pialang + PPN 10% + pajak penghasilan sebesar 0,1%.

Proses dan cara Berbisnis di BEI
Pada saat Anda melakukan pembelian saham dimana posisi Anda sebagai Investor Beli dan Anda harus menghubungi Pialang Anda (misalnya kantor pialang “1”) yang kemudian akan meneruskan instruksi Anda tersebut kepada pialang saham lain (misalnya kantor pialang “2”).
Instruksi beli tersebut dimasukan (entry) ke sistem computer perdagangan otomatis langsung dari kantor pialang ke sistem JATS (Jakarta Automated Trading Systems). Sistem Komputer tersebut menggunakan sistem tawar menawar sehingga untuk aktivitas beli akan diambil dari harga tertinggi dan sebaliknya untuk aktivitas jual diambil dari harga terendah.
Jika Anda ingin melakukan penjualan saham, maka posisi Anda adalah sebagai Investor Jual. Pada dasarnya proses yang dilakukan sama yaitu Anda harus menghubungi pialang saham Anda dan seterusnya.

Itulah tadi sedikit penjelasan yang saya ulas secara rinci dalam penggambaran cara berinvestasi saham di bei atau bursa efek Indonesia, cukup rumit dan juga kurang adanya kepuasan terhadap pemilik saham yang kurang menekuni bisnis tersebut. Semoga artikelnya bermanfaat untuk anda.


-> Silahkan berkomentar sesuai dengan tema di atas
-> Yang berkomentar dengan link aktif dan bersifat promosi tidak kami publikasikan
-> Berikan komentar terbaik anda karena akan di baca banyak orang
-> Terimakasih
EmoticonEmoticon