Fenomena Tanah Gerak Membelah Gunung di Sampung

Radar Kupuk Blog, Berita Ponorogo Hari ini Terbaru Kota Ponorogo mempunyai fenomena tanah gerak kembali terjadi di Ponorogo Jawa Timur. Kali ini tanah gerak membelah gunung Lakar Santri yang ada di Desa Poh Ijo Kecamatan Sampung Ponorogo. Panjang tanah yang gerak yang membelah Gunung sudah mencapai 2 Km dengan lebar lebih 10 cm  kedalaman satu meter.Senin (30/03/2015).
Tak hanya membelah gunung, tanah gerak juga merusak sejumlah rumah warga disekitar lereng gunung. Seperti rumah milik Suryani semenjak lima hari terakhir ini keluarga Suryani terpaksa mengungsi kerumah saudara.”Terpaksa saya pindah ke rumah saudara saya, takut kalau tiba-tiba roboh,”jelasnya.
Hampir seluruh tembok rumah retak, bahkan akhir-akhir ini sering bergerak sendiri sehingga membuat kami takut,”ungkapnya.
Fenomena Tanah Gerak Membelah Gunung di Sampung

Suryani menambahkan, setiap hari keretakan tanah didalam rumah maupun di dinding rumah semakin bertambah dan terus melebar. Mereka dan keluarga khawatir jika tidak segera mengungsi rumah akan roboh dan menimpa penghuni rumah.”Sementara untuk melebarnya retakan sejumlah warga menutup dengan mengunakan tanah liat dan bebatuan,”jelasnya.

Wagiran ketua RT desa setempat mengatakan, fenomena seperti yang terjadi di desa Pohijo Kecamatan Sampung sudah terjadi kurang lebih ada sepekat. sedikitnya ada 7 rumah warga yang nyaris roboh akibat tanah gerak. Berharap pihak pemerintah untuk ada perhatian khusus, sebab, salah satu rumah warga kami nyaris tidak dapat dihuni karena retak dan nyaris ambrol.
Sumber : Suarakumandang
Kirimkan tanggapan anda melalui Facebook
Facebook CommentsShowHide

0 komentar

-> Silahkan berkomentar sesuai dengan tema di atas
-> Yang berkomentar dengan link aktif dan bersifat promosi tidak kami publikasikan
-> Berikan komentar terbaik anda karena akan di baca banyak orang
-> Terimakasih